RAHASIA JAMU AYAM ADU DAN TRIK MERAWATNYA

RAHASIA JAMU AYAM ADU DAN TRIK MERAWATNYA



    Vmanaje - Hallo sahabat para pecinta ayam aduan…!!! Apakah ayam yang kalian rawat sudah dirawat dengan cara yang benar? Apakah ayam kalian sudah tampil prima di arena laga? Naaah kalau cara perawatan yang telah kalian lakukan belum terasa maksimal, saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana rahasia jamu ayam aduan dan trik merawatnya agar ayam kesayangan anda bertenaga dan tampil prima di arena laga. Selain itu saya juga akan berbagi jamu rahasia sebagai pendongkrak stamina dan tenaga ayam aduan. Dalam artikel ini saya akan membagi dua cara perawatan sesuai dengan karakter dan kemampuan ayam yang biasa saya rawat. Berikut penjelasannya

Perawartan ayam menunurut karakternya



Disini saya membaginya menjadi dua karakter yaitu ayam pukul dan ayam pukul taji/jalu

Ayam pukul 

    Apabila anda memiliki ayam yang memiliki keunggulan dalam pukulannya, langkah pertama adalah meraba seluruh badan ayam terlebih dahulu untuk mengetahui ketebalan tulang, daging, tulang ekor begitu juga panjang badan, ruas tulang dan capit udang yang rapat. Apabila ayam yang anda pilih memenuhi kriteria tersebut maka ayam pilihan anda layak menjadi ayam petarung. Kemudian apa langkah selanjutnya? Langkah selanjutnya yaitu kita harus memperhatikan asupan gizi yang baik untuk menunjang kebutuhan ayam aduan. Diantaranya yaitu kita harus memperhatikan kebutuhan karbohidratnya, vitamin, kalsium dan protein.

    Kebutuhan diatas benar benar harus kita persiapkan dengan baik dan diberikan dengan cara yang teratur agar memperoleh hasil maksilam. Sumber karbohidrat yang baik untuk ayam bisa kita dapatkan dari beras merah, padi beras meras, voer atau pellet yang berkualitas, dedak, jagung dan bisa juga menambahkan kacang kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah atau kacang kedelai. Kemudian kebutuhan vitamin bisa kita dapatkan dari tomat yang kaya akan vitamin A, K, B5,B3,B6,B7 dan C. sedangkan untuk kebutuhan kalsium bisa kita dapatkan dari kerang kerangan atau sejenis siput sawah, keong mas dan kepiting sawah. Nah yang satu ini  juga jangan sampai terlewatkan yaitu kebutuhan protein, protein yang dibutuhkan ayam aduan bisa kita dapatkan dari ikan lele yang memiliki kandungan lemak, natrium, protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan B2. Berikut adalah pakan yang biasa saya berikan kepada ayam aduan sebelum diturunkan ke arena laga.

Biji jagung kering 1kg
Beras merah/ padi beras merah 1kg
Voer 1kg/ pellet
Kacang hijau atau kedelai 1/2 kg

    Semua bahan bahan diatas dicuci terlebih dahulu dan lakukan perendaman seelama  6-8 jam hingga akan menjadi kecambah terkecuali voer/ pellet. Maksud dari perendaman tersebut agar karbohidrat yang dihasilkan biji bijian menjadi lebih baik. Apabila sudah terlihat akan tumbuh kecambah lalu kita tiriskan dan jemur dibawah matahari hingga benar benar kering agar tidak ada jamur atau bakteri. Kemudian apabila telah kering, anda tinggal mencampurkan voer dengan bahan bahan tadi.

    Sedangkan untuk pemberiannya bisa kita takar menggunakan sendok makan sebanyak 4-5 sendok/ sesuai kebutuhan dan diberikan pagi sebagai sarapan dan sore hari agar semua kandungan yang terkandung dalam bahan bahan tersebut dapat diserap dengan baik oleh bayam aduan pada saat beristirahat dan jangan lupa berikan juga air minum pada wadah setiap kali anda memberinya makan.

  Kemudian untuk perawatan tubuh ayam nya kita bisa melakukan penjemuran pada pagi hari setelah dimandikan dan jangan jemur terlalu lama atau sekitar 10 menit saja. Dan latihan renang di kolam atau sungai juga sangat baik untuk membentuk otot otot ayam aduan. Latihan renang bisa kita lakukan seminggu dua kali dengan durasi maksimal 20 menit atau sesuai kemampuan ayam anda dan lakukan juga pemijatan pada ayam aduan anda agar ayam aduan tidak merasa pegal pegal dan kaku setelah melakukan sesi latihan. Setelah latihan renang jangan lupa berikan juga vitamin dan protein untuk memulihkan stamina setelah latihan. Selain pemberian pakan dan latihan  tadi, ayam anda juga harus melakukan latihan tanding, dengan catatan lawan latihan tanding anda harus sesuai dari segi tinggi, besar, dan usia yang tidak terlampau jauh.

 Dan lakukan juga pembungkusan pada bagian taji ayam anda agar tidak terjadi luka sobek atau tertusuk karena taji. Berikan juga vitamin, antibiotik, obat luka luar untuk menyembuhkan dan memulihkan setiap latihan tanding. Lakukan semua pola latihan diatas dengan jadwal latihan rutin yang telah anda buat. Selain itu juga berikan jamu setiap 2 hari sekali. Apa saja bahan jamu nya bisa anda ketahui di pembahasan jamu yang akan saya jelaskan dibawah.

Ayam pukul jalu/ taji


RAHASIA JAMU AYAM ADU DAN TRIK MERAWATNYA
RAHASIA JAMU AYAM ADU DAN TRIK MERAWATNYA



    Untuk ayam yang memiliki keunggulan akurasi pukulan taji/ jalunya,  cara merawatnya sedikit berbeda yaitu seperti membentuk otot otot nya dan pemberian pakannya. Ayam pukul taji harus memiliki bobot badan yang ringan dan padat selain itu ayam pukul taji harus lebih sering melakukan umbaran atau diumbar dalam waktu yang agak lama dibanding ayam pukul karena diharapkan agar otot otot kakinya menjadi lebih lentur.

 Untuk perawatan harian dan permberian makannya sama, hanya dari takarannya saja kita kurangi sedikit pada makanan yang diberikan agar badan ayam aduan tidak terlalu gemuk. Kemudian ada latihan special untuk ayam pukul taji yang biasa saya lakukan yaitu dengan mengayun ayunkan ayam aduan pada sebatang kayu yang telah direkayasa menjadi sebuah ayunan. Perhatikan pula besar batang kayu harus berukuran jangan terlalu besar yang dimaksudkan adalah agar jari jari ayam mampu mencengkram dengan baik.

 Biasanya dalam sesi latihan ini apabila dilakukan dengan teratur, otot otot sayap ayam anda akan lebih kokoh dan mengapit badan dengan baik kemudian otot otot pada bagian paha dan kaki akan lebih padat dan kering yang memudahkan akurasi pukulan ayam anda saat bertarung. Untuk pemberian vitamin dan yang lainnya pun kita sama kan saja. Namun saya ingatkan kembali jangan biarkan ayam pukul taji anda berbobot terlalu berat.

Resep rahasia jamu ayam aduan



Untuk membuat jamu rahasia ayam aduan, kita harus mempersiapkan bahan bahan sebagai berikut:
Kunyit sebanyak 3-4 potongan jari
Temu ireng 3-4 potongan jari
Kunyit putih 3-4 potongaan jari
Temu kunci 500gram
Temulawak 500gram
Cabai jawa 5-10 buah saja
Jahe merah 3-4 potongan jari
Daun serai secukupnya
Daun jeruk purut 2-3 lembar/secukupnya
Bawang putih
Umbi rumput teki 350gram
Madu asli 200gram
Gula jawa/ gula aren 200gram
Telur puyuh 20 butir atau telu bebek 3 butir
Daging ikan lele yang telah berukuran lebih dari 1kg sebanyak 1 ekor (diambil dagingnya saja) kemudian cincang hingga benar benar halus.

    Langkah selanjutnya adalah campurkan semua bahan bahan diatas dan telur (kuningnya saja) pisahkan putih telurnya kemudian tumbuk hingga benar benar halus kemudian masukan daging ikan lele yang telah dicincang aduk hingga rata lalu masak dengan api kecil dalam waktu kurang lebih 30 menit atau hingga adonan menjadi seperti dodol. Apabila adonan sudah menggumpal, langkah selanjutnya kita dinginkan dan bentuk menjadi bulatan bulatan kecil sebesar biji melinjo/ biji tangkil lalu apabila adonan yang dibentuk mulai mengeras, celupkan pada putih telur dan tiriskan pada sebuah wadah lalu jemur hingga benar benar kering.

 Tujuan mencelupkan adonan pada putih telur yaitu sebagai pengawet alami jamu yang kita buat dan sebagai penghambat jamur agar tidak mudah tumbuh pada jamu yang telah dijemur tadi. Untuk pemakaian atau takaran pemberiannya saya biasa melakukannya setiap hari sebanyak 1 butir pagi dan sore hari dan setiap ayam kita telah melakukan berbagai macam sesi latihan sebanyak 1 butir juga. Sedangkan untuk 1 minggu menjelang pertarungan saya biasa memberikannya dua hari sekali sebanyak 2 butir di pagi ddan sore hari. Dan hentikan pemberian jamu minimal 1 hari menjelang ayam anda ditarungkan di arena laga.

    Semoga apa yang telah saya tuangkan dalam artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda dalam merawat ayam aduan kesayangan anda untuk menjadi ayam petarung yang baik di arena laga. Dan sedikit tips selalu perhatikan kesehatan ayam anda dalam masa perawatan sebelum diturunkan ke arena laga agar ayam anda tampil dengan maksimal. Terima kasih

Penulis. Raga pamungkas

0 Response to "RAHASIA JAMU AYAM ADU DAN TRIK MERAWATNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel