MENGENAL ANEKA JENIS KELINCI HIAS DI DUNIA UNTUK DIJADIKAN HEWAN PELIHARAAN

MENGENAL ANEKA JENIS KELINCI HIAS DI DUNIA UNTUK DIJADIKAN HEWAN PELIHARAAN


ANEKA JENIS KELINCI HIAS & PEDAGING
ANEKA JENIS KELINCI HIAS & PEDAGING


Vmanaje - Sebelum membahas mengenai aneka jenis kelinci hias,alahkah baiknya kita mengenali dulu jenis-jenis kelinci beserta kriteria dan kategorinya.

 Berikut ini contoh jenis-jenis kelinci hias yang dapat di jadikan acuan untuk hewan peliharaan.

JENIS KELINCI HIAS DI DUNIA UNTUK DIJADIKAN HEWAN PELIHARAAN


KELINCI ANGGORA



KELINCI ANGGORA
KELINCI ANGGORA


Beberapa beranggapan bahwa aneka kelinci jenis ini, berasal dari jenis hewan yang hidup dan berkembang biak secara liar dan mutasi dari suatu tempat ketempat lainnya yang memang tergolong agak kurang mampu di ketahui secara pasti mengenai tempat menetapnya. Kelinci jenis anggora ini pertama kali ditemukan dan dibawa oleh pelaut asal Inggris, yang kemudian dibawa ke Perancis sekitar pada tahun 1723. Pada kurun waktu sekitar tahun 1777 anggora menyebar ke Negara Jerman. Kemudian sekitar pada tahun 1920 populasi serta habitatnya meluas ke Negara- Negara di Eropa bagian timur , Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat.


KELINCI LYON



KELINCI LYON
KELINCI LYON


Kelinci jenis yang satu ini yakni lebih memiliki bulu yang lebih lebat, bila di banding dengan kelinci jenis lainnya, yakni lebih agak mirip lyon (singa) dikarenakan ketebalan bulu yang dimilikinya dan Kelinci jenis ini  cenderung lucu. Berhubung dengan ketebalan bulu yang dimilikinya sangatlah lebat, maka kelinci jenis lyon ini harus senantiasa rajin merawat dan mencukur bulu-bulunya yang masa pertumbuhan bulunya itu tergolong lebih cepat tumbuh.


KELINCI AMERICAN CHINCHILLA



KELINCI AMERICAN CHINCHILLA
KELINCI AMERICAN CHINCHILLA


Kelinci jenis ini terdiri dari 3 tipe, yakni tipe standar berbobot dewasa yang memiliki kisaran berat antara 2,5kg sampai dengan 3kg, tipe besar berbobot dewasa yang memiliki kisaran berat antara 4,5kg sampai dengan 5kg, dan tipe giant berbobot dewasa yang memiliki kisaran berat antara 6kg sampai dengan 7kg. ketiga tipe kelinci jenis American chinchilla tersebut banyak dimanfaatkan sebagai kelinci hias, dan kelinci jenis ini dapat pula di kawin silangkan, salah satu contohnya adalah kelinci tipe giant chinchilla, kelinci tersebut yakni hasil persilangan antara standard chinchilla dengan Flemish giant.


KELINCI DUTCH



KELINCI DUTCH
KELINCI DUTCH


Ras kelinci jenis dutch ini berasal dari Negara Belanda, dan kelinci jenis ini banyak dikenal sebagai kelinci jenis hias, dikarenakan kelinci jenis ini memiliki warna bulu yang khas. Warna tersebut melingkar seperti pelana berwarna putih dari punggung yang memanjang ke leher , sampai dengan kaki depan bagian belakang. Sementara pada bagian kepalanya berwarna hitam, cokelat atau abu-abu. Sedangkan di bagian mulut serta dahi kelinci jenis ini berwarna putih. Bagian depan kakinya berwarna putih dan kaki belakangnya berwarna hitam, atau warna lain dengan ujung kaki berwarna putih. Terkadang ada juga yang sekaligus terdiri atas tiga jenis warna, dan kelinci jenis itu biasanya disebut sebagai Trhreecolored Dutch. Adapun mengenai berat tubuh kelinci jenis dutch ini yakni, bobot kelinci dewasa jantan dan betina antara 1,5kg sampai dengan 2,5kg dan kelinci jenis ini menghasilkan keturunan 7 ekor sampai dengan 8 ekor pada setiap kali melahirkan.


KELINCI ENGLISH SPOT



KELINCI ENGLISH SPOT
KELINCI ENGLISH SPOT


Kelinci jenis ini memiliki warna putih dengan bintik hitam pada sekujur tubuhnya. Adapun di bagian punggungnya terdapat garis hitam yang memanjang, yakni dari pangkal telinga sampai dengan ke bagian ekor. Perut kelinci jenis ini pun berbintik hitam, bentuknya hampir seperti puting susu, dan di bagian telinga, hidung serta matanya terdapat warna hitam melingkari bagian matanya, sehingga sepintas seperti sedang menggunakan kacamata.


KELINCI FLEMISH GIANT



KELINCI FLEMISH GIANT
KELINCI FLEMISH GIANT


Sesuai dengan namanya kelinci ini memiliki ukuran tubuh yang besar, apabila diamati dengan seksama kelinci ini memiliki bentuk yang kurang imut, akan tetapi tetap menggemaskan. Mengenai ukuran yang memang tergolong sangat besar jika dibanding dengan ukuran kelinci pada umumnya. Bahkan berat tubuh kelinci jenis ini mampu mencapai sampai dengan 12kg.


KELINCI HAVANA



KELINCI HAVANA
KELINCI HAVANA


Kelinci dengan ras ini memiliki ukuran tubuh yang sangat pendek, dan bagian kepalanya sangat unik, bentuknya sangat kecil, pendek, namun lebar. Biasanya pada bagian mata kelinci jenis ini terlihat bercahaya merah delima. Untuk bagian telinganya berdiri tegak, dengan dasar telinga yang lebar. Serta bagian bokong dan kaki belakang kelinci jenis ini berbentuk bulat. Biasanya kelinci jenis ini memiliki warna bulu hitam, kebiruan, atau cokelat.


KELINCI LOOP



KELINCI LOOP
KELINCI LOOP


Kelinci ini tergolong ke dalam ras kelinci yang paling lucu diantara jenis lainnya. Banyak orang-orang yang menjadi gemas karenanya. Adapun ciri khas yang di milikinya adalah bagian kepalanya yang lebar. Pada bagian matanya berwarna hitam pekat,bentuk telinganya yang menjuntai kebawah, oleh karena itulah terkadang kelinci jenis ini menyerupai anjing. Telinganya panjang, lebar dan tebal. Telinga tersebut menggantung dari samping kepala ke arah bawah, tetapi tidak terkulai sampai ke tanah. Jenis loop sendiri banyak macamnya, tetapi di antara bermacam-macam jenis loop yang sangat terkenal dan banyak di minati oleh banyak orang ialah jenis English Loop

.
KELINCI NEDERLAND DWARF



KELINCI NEDERLAND DWARF
KELINCI NEDERLAND DWARF


Kelinci ini sering di sebut kelinci kerdil, hal tersebut dikarenakan bentuk tubuhnya yang sangat kecil dan mungil. Kelinci jenis ini merupakan kelinci berukuran terkecil di dunia, hal itu jugalah yang membuat kelinci ini sering juga di sebut sebagai kelinci mini. Kelinci kerdil yang menggemaskan ini berasal dari belanda. Bobot ukuran dewasanya sangat ringan, yaitu hanya mencapai 0,9kg. bentuk tubuhnya sangat pendek dan kepalanya agak bulat. Meskipun demikian, kelinci ini termasuk kedalam jenis kelinci yang lincah dan mampu bergerak dengan sangat cepat.


KELINCI NEW ZEALAND WHITE



KELINCI NEW ZEALAND WHITE
KELINCI NEW ZEALAND WHITE


Kelinci ras ini merupakan kelinci albino, kelinci ini berasal dari New Zealand. Pada seluruh tubuhnya tidak terdapat sehelai bulupun yang mengandung pigmen. Oleh karena itulah, bulunya berwarna putih mulus, padat, tebal dan agak sedikit terasa kasar saat diraba. Warna mata kelinci ini berwarna merah menyala. Karena memiliki warna yang putih mulus dan berasal dari New Zealand, maka kelinci ini disebut New Zealand White.


KELINCI POLISH



KELINCI POLISH
KELINCI POLISH


Kelinci jenis ini merupakan kelinci kerdil atau mini. Mengenai bentuknya, kelinci jenis ini hampir sama dengan kelinci jenis Nederland Dwarf, yaitu bentuknya yang kecil dan imut. Bedanya kelinci ini sedikit agak lebih besar, dan kelinci ini memiliki kepala yang bulat. Telinganya berdiri tegak sekitar 6cm.


KELINCI REX



KELINCI REX
KELINCI REX


Sebenarnya rex termasuk kelinci jenis baru. Awalnya ras ini mulai di kenal di Amerika Serikat sekitar sejak tahun 1980, sebagai binatang kontes. Kelinci ini sering di jadikan hewan kontes dikarenakan memiliki bulu yang sangat halus dan lembut. Tekstur bulunya akan bertambah indah dan halus, jika kelinci ini hidup di  lingkungan dengan suhu yang berkisar antara 5 derajat celcius sampai dengan 15 derajat celcius. jenis rex yang paling terkenal adalah White Rex. Bulunya berwarna putih mulus dan sangat tebal. Kualitas bulunya sangat baik dan lembut seperti beludru. Ras ini juga disebut Ermine Rex.


KELINCI SATIN



KELINCI SATIN
KELINCI SATIN


Kelinci dengan ras satin ini memiliki ketebalan bulu yang sangat tebal, badannya sangat panjang, dengan kepala yang lebar serta leher yang pendek. Adapun pada bagian telinga dengan jenis satin ini memilki ukuran yang sangat lebar, sehingga tampak seimbang dengan ukuran badannya. Pada bagian persendian tulang-tulangnya begitu kuat dan kokoh, sehingga pada bagian kakinya tampak begitu tegak dan lurus.


KELINCI TAN



KELINCI TAN
KELINCI TAN


Jenis kelinci ini termasuk jenis kelinci kecil seperti jenis Polish dan Nederland Dwarf, dan kelinci dengan jenis ini memiliki warna cokelat kemerah-merahan.warna yang lebih terlihat terang dan jelas yakni tampak pada bagian bawah dagu sampai ke dada, tengkuk, serta ekor bagian bawah. Adapun pada bagian perut sampai kaki depan bagian dalamnyapun berwarna cokelat kemerah-merahan. Sedangkan pada bagian telapak kaki kelinci dengan jenis Tan ini berwarna putih.


KELINCI CALIFORNIAN



KELINCI CALIFORNIAN
KELINCI CALIFORNIAN


Kelinci jenis ini merupakan keturunan hasil kawin silang antara keturunan jenis Himalayan dan Chinchilla dengan jenis New Zealand White. Dengan warna bulu yang putih, serta pada bagian telinga, hidung, ekor dan kaki yakni berwarna kelabu tua atau cenderung berwarna hitam dan bagian warna tersebut bahkan bisa mencapai separuh bagian wajah kelinci jenis ini. Adapun menganai bobot atau berat tubuh kelinci jantan dewasa dengan jenis ini, yakni mampu mencapai ukuran antara 3,6kg sampai dengan 4,5kg. dan kelinci betina dewasa memiliki ukutan bobot tubuh antara 4,3kg sampai dengan 4,7kg. dan pada bagian punggungnya memiliki bentuk sedikit agak membulat, serta di bagian samping tubuhnya, yakni pada bagian bahu kelinci jenis California ini sangat tampak dengan gumpalan daging yang tebal. Kelinci dengan jenis ini mampu menghasilkan keturunan yang di lahirkan yakni mencapai 48 ekor pertahunnya, dengan bobot atau berat tubuh kelinci yang baru berumur 60 hari yakni rata-rata berkisar mencapai 1,8kg.


KELINCI CHAMPAGNE D’ ARGENTE



KELINCI CHAMPAGNE D’ ARGENTE
KELINCI CHAMPAGNE D’ ARGENTE


Kelinci dengan ras ini berasal dari Negara Perancis, yakni di kawasan distrik champagne. Adapun di Negara Amerika, kelinci dengan jenis ini dikenal dengan sebutan French silver karena warna bulunya yang berwarna putih perak. Adapun kata argente yang terdapat pada sebutan kelinci dengan jenis ini, yakni berasal dari bahasa Perancis yang memiliki makna yaitu perak. Kelinci jenis ini merupakan kelinci penghasil daging dengan kualitas yang baik. Adapun mengenai bobot tubuh kelinci dewasa jenis ini rata-rata mampu mencapai kisaran antara 3,6kg. Sementara mengenai bobot tubuh kelinci dengan usia berumur sekitar 5 minggu, mampu mencapai 1,8kg sampai dengan 2,7kg. Mengenai pemanfaatan daging dari kelinci dengan jenis ini, yakni ketika kelak usia kelinci jenis ini tergolong dalam usia dewasa. Ketika lahir, kelinci jenis ini memiliki warna hitam. Ketika setelah berumur 3 sampai dengan 4 bulan, barulah berubah menjadi perak atau putih susu dengan perpaduan warna kulit biru tua. Ketika beranjak pada fase usia dewasa, kelinci ini memiliki bulu yang berwarna biru dengan warna putih perak di bagian ujungnya. Warna tersebut merata pada bagian tubuhnya, termasuk pada bagian kepala, serta telinga dan kaki. Bentuk telinga kelinci dengan jenis champagne d’argente ini berdiri tegak dan membulat di bagian ujungnya.


KELINCI CAROLINA



KELINCI CAROLINA
KELINCI CAROLINA


Kelinci dengan ras ini memiliki bulu berwarna putih, pertumbuhannya sangat cepat, di karenakan daya reproduksinya yang tinggi. Tekstur tubuh kelinci dengan jenis ini cenderung lebih besar dan lebih putih, jika di bandingkan dengan kelinci jenis New Zealand White, terlebih yang berkelamin jantan. Daya tahan tubuh kelinci dengan jenis Carolina ini sangat istimewa, dan cukup kuat terhadap efek dan dampak serangan penyakit, serta mampu bertahan dalam keadaan suhu udara di bawah normal.


KELINCI CHECKERED GIANT



KELINCI CHECKERED GIANT
KELINCI CHECKERED GIANT


Jenis kelinci yang satu ini, merupakan kelinci yang lucu dan gesit yang berasal daarri Negara Jerman. Mengenai bentuk tubuh kelinci dengan ras checkered giant ini tergolong memiliki ukuran besar, yang cenderung tampak pada bagian paha serta pinggulnya yang lebar. Kelinci dengan jenis ini di ternakan uantuk di manfaatkan dagingnya. Mengenai bobot idealnya berat tubuh keseluruhan kelinci jantan berukuran dewasa yakni 5kg, serta untuk betina berukuran dewasa yakni sekitar 5,4kg. kelinci jenis checkered giant ini dapat dibedakan dalam dua warna, yakni warna hitam dan biru.


KELINCI SIAMESE SABLE



KELINCI SIAMESE SABLE
KELINCI SIAMESE SABLE


Ras kelinci ini yakni memiliki tampilan bulu yang memiliki pola seperti pola pada bulu yang dimiliki oleh kucing siam. Mengenai warna yang dimilikinya mampu dibedakan dalam tiga corak yakni, cokelat muda, cream, cream kecokelatan. Oleh karena itulah kelinci ini di sebut Siamese sable. Mengenai bobot tubuh kelinci dewasa jantan maupun betina dengan jenis ini berkisar antara 2,25kg sampai dengan 3,5kg.


KELINCI SILVER



KELINCI SILVER
KELINCI SILVER


Kelinci ini berasal dari ras asli Silver Grey, warna yang dimiliki kelinci dengan jenis ini yakni perak abu-abu.

0 Response to "MENGENAL ANEKA JENIS KELINCI HIAS DI DUNIA UNTUK DIJADIKAN HEWAN PELIHARAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel