JURUS JITU PENCEGAHAN PENYAKIT SAPI TERNAK

 JURUS JITU PENCEGAHAN PENYAKIT SAPI TERNAK



PENCEGAHAN PENYAKIT PADA HEWAN TERNAK SAPI
JURUS JITU PENCEGAHAN PENYAKIT SAPI TERNAK



Vmanaje - Dalam hal suatu bidang usaha, terutama yang bergerak dibidang peternakan dan perikanan, tak jarang ada diantara kalangan para pelaku usaha tersebut mengalami beberapa kendala, yakni suatu masalah dalam hal segi kesehatan dari hewan yang diternakannya tersebut. Mengenai masalah tersebut, yakni terkadang berasal dari beberapa penyabab, diantara yaitu dalam hal pakan, kebersihan serta kenyamanan kandang.

 Hal tersebut tergolong dalam suatu penyebab, yang mana apabila hal-hal tersebut kurang diperhatikan oleh para pelaku usaha yang bergerak didalam bidang peternakan yang dilakukannya.

 Pada bagian ini, ada beberapa penjelasan mengenai jenis penyakit yang tak jarang menyerang hewan ternak jenis sapi, yang tergolong sangat berbahaya. Serta penjelasan dalam hal upaya pencegahan dan penanggulangan, agar hewan ternak yang dipelihara tersebut tidak sampai terjangkit penyakit apapun.

UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT




UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT
UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT


 “Lebih baik mencegah daripada mengobati” istilah tersebut dapat dijadikan sebagai acuan, terlebih untuk kalangan pengusaha, yang salah satunya yakni dibidang peternakan yang tergolong dalam  ketegori agrobisnis. Acuan tersebut mampu dijadikan suatu prinsip dalam upaya pencegahan, guna menghindari agar hewan ternak yang dipelihara tidak sampai terjangkit, serta terkontaminasi oleh beberapa hal yang bisa mengakibatkan itu semua. Beberapa cara tersebut, yakni sebagai berikut:

1) Pemanfaatan kandang karantina

 Kandang karantina yakni, suatu tempat atau kandang yang biasa ada disuatu bidang usaha peternakan, yang mana kegunaan dari kandang karantina tersebut, yakni untuk transit atau persinggahan sementara, bagi hewan ternak yang akan dipelihara, yakni untuk memeriksa serta mengkroscek hewan yang akan diternakan, mengenai hal kesehatan serta kelayakan, dan termasuk kedalam jenis hewan ternak yang cocok dan pantas untuk diternakan. Dan ditempat tersebut merupakan suatu tempat yang biasa digunakan, untuk tujuan agar hewan-hewan yang akan diternakan melakukan penyesuaian terhadap lingkungan barunya, sebelum menempati tempat peternakan yang semestinya.


 Dalam hal perawatan, selama hewan yang akan diternakan berada di kandang karantina, yakni diperlukan penanganan berupa pemberian obat cacing, yang bertujuan guna membantu laju pertumbuhan, dan pertambahan berat tubuh pada hewan ternak, dan menghindari hewan tersebut agar jangan sampai terjangkit penyakit cacingan, meskipun penyakit tersebut tergolong tidak mematikan, akan tetapi hal itu merupakan upaya pertama, atau langkah awal bagi pelaku usaha dalam bidang peternakan, untuk mendapatkan hasil dalam segi kualitas hewan yang akan diternakan, agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Selain diperuntukan untuk beberapa hal yang telah disebutkan diatas, penggunaan kandang karantinapun dapat berfungsi sebagai tempat untuk memilah, memilih dan memisahkan, antara hewan ternak yang terjangkit suatu penyakit atau mengalami beberapa gejala suatu penyakit, yang mana apabila ada diantara kondisi hewan-hewan yang akan diternakan tersebut positif mengidapnya. Mengenai tujuannya, yakni untuk menghindari penularan, pada hewan-hewan ternak jenis sapi lain yang akan diternakan. Untuk hewan ternak yang baru saja datang dari tempat dimana hewan ternak tersebut dibeli, dan dalam kondisi atau keadaan yang sehat, dianjurkan untuk menempati kandang karantina, dalam kurun waktu selama 1 minggu masa karantina, sedangkan mengenai kurun waktu karantina bagi hewan ternak yang berada dalam kondisi sakit atau kurang sehat, bergantung pada jenis penyakit tersebut, yakni tergolong seberapa berat  efek atau dampak dari penyakit yang dideritanya.

2) Menjaga kebersihan sapi beserta kandangnya

Berbagai hal yang tak bisa dipungkiri lagi mengenai keberadaan suatu bakteri, dan juga beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit, maka dari itu diperlukan suatu langkah dalam hal pencegahan, guna menghindarinya. Dapat diawali, dengan senantiasa menjaga kebersihan tempat, yang mana kelak hewan-hewan ternak itu akan diternakan. Adapun apabila ditempat tersebut yang akan dijadikan lokasi peternakan, memiliki ketersediaan dalam hal pasokan air yang cukup berkualitas dan melimpah, itu merupakan hal yang sangat baik sebagai salah satu sarana penunjang, dalam bidang peternakan.

 Karena sangat berfungsi sebagai sarana penunjang utama, terutama ketika melakukan langkah dalam pembersihan kandang, dan untuk menjaga kondisi hewan ternak jenis sapi yang akan diternakan, agar senantiasa terjaga kebersihannya. Serta hal tersebut merupakan fungsi utama pula agar hewan ternak tersebut mendapatkan pasokan air minum yang baik, yang mana hal tersebut melalui beberapa tahap serta proses terlebih dahulu, untuk menambah kadar kualitas air minum yang akan diberikan. Semua itu, bertujuan agar kondisi kesehatan serta pertumbuhan hewan ternak tetap terjaga dengan baik, dan guna menghindari efek, atau dampak lebih yang tidak diharapkan.

3) Vaksinasi berkala

 Mengenai cara atau proses penanganan dalam hal kesehatan hewan ternak, yaitu agar senantiasa memperhatikan segi faktor perawatan, adapun untuk menghindari berbagai macam jenis kendala dalam langkah pencegahan, maka dari itu disarankan agar pihak peternak melakukan vaksinasi secara berkala, dan membuat penjadwalan khusus dalam hal tersebut, agar senantiasa tetap terkontrol dan terperinci, mengenai kurun waktu dalam penangananya.

 Selain beberapa hal tersebut, yakni agar dalam melakukan vaksinasi, memiliki acuan khusus dari segi penangananya, yang mana hal tersebut sesuai dengan aturan dan anjuran yang telah ditentukan. Dikarenakan  mengingat akan suatu besaran jumlah takaran, atau dosis serta jenis obat yang akan diberikan, pada saat proses vaksinasi berlangsung. Hal tersebut yakni guna menjaga agar kondisi pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak, senantiasa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan, yang sekiranya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan pada hewan ternak tersebut.

0 Response to "JURUS JITU PENCEGAHAN PENYAKIT SAPI TERNAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel